BEBERAPA HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM BERINVESTASI

BEBERAPA HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM BERINVESTASI

Sebagian besar orang terkadang ingin memiliki pendapatan lebih padahal dirinya sudah bekerja. Namun mereka bingung karena keterbatasan waktu dan tidak cenderung susah untuk membagi 2 pekerjaan sekaligus. Salah satu cara yang bisa dilakuakn adalah dengan berinvestasi. Karena, dengan investasi ini kamu bisa mendapatkan pendapatan lain yang tak terikat oleh waktu.

Terkadang orang yang sudah kebanyakan uang akan bingung mau dipakai apalagi uangnya. Terlebih mereka pun kadang takut untuk memulai bisnis dengan modal yang besar. Untuk itu jalan satu-satunya yaitu dalam investasi, karena investasi bisa sebagai pegangan atau perencanaan keuangan di hari tua nanti.

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi karena jenis investasi itu sendiri ada berbagai macam. Dan juga investasi bukan cuma untuk menanamkan modal saja, tapi investasi juga sebagai ladang kita belajar menyimpan uang agar tidak terpakai untuk hal yang gak penting.

Meskipun penghasilan kecil, bukan berarti tidak bisa untuk berinvestasi. Mulai dari hal-hal kecil saja dulu, karena sesuatu yang dikerjaan dengan konsisten pasti hasilnya pun akan lebih baik.

Jadi sebelum memulai untuk investasi ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal penting agar tidak salah mengambil tindakan.

Pertama kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang investasi. Semakin kamu tau segala hal, kamu pun bisa lebih enak dalam menjalaninya. Informasi ini bisa kamu dapatkan dimanapun, dari internet atau buku. Apalagi buat kamu yang sangat pemula dan benar-benar serius ingin masuk pada dunia seperti ini, alangkah baiknya untuk dipelajari terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu pun harus tau apa saja keuntungan bila melakukan investasi, apalagi sekarang banyak yang invest ke saham. Karena investasi merupakan jangka panjang, sehingga kamu tak bisa mendapatkan langsung keuntungan setiap harinya, ini akan di akumulasikan per periode.

Ada dua keuntungan yang bisa kamu peroleh dari investasi saham yaitu capital gain dan dividen. Dimana capital gain akan diperoleh dari selisih harga jual dan harga beli, selisih inilah yang nantinya menjadi keuntungan kita. Makanya untuk mendapat capital gain ini, kita harus bisa membaca kondisi harga pasar, apakah layak untuk dijual apa dibiarkan.

Sedangkan untuk dividen bisa diperoleh dari laba bersih perusahaan yang akan dibagikan sesuai besarnya saham yang dimiliki oleh investor. Dividen ini nantinya akan dibagi rata, namun tidak menutup kemungkinan juga bila perusahaan tak akan membagikan dividen. Hal ini bisa saja saat perusahaan sedang merugi ataupun perusahaan ini laba ditahan untuk biaya operasional di periode berikutnya.

Selanjutnya kamu perlu tahu, apasih tujuan kamu dalam berinvestasi. Jangan sampai kalian tak punya tujuan ketika sudah investasi. Hal ini pula menjadi target apa yang akan di capai, apakah sudah sesuai dengan target yang diingankan atau belum.

Kemudian, kamu pun harus memikirkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk investasi, apakah jangka panjang atau pendek. Namun jika kamu mau investasi saham, alangkah baiknya untuk yang mengambil jangka panjang agar keuntungan yang diterima bisa lebih terasa.

Dan yang terakhir adalah kesiapan modal dan yakin untuk berinvestasi. Investasi memang gak harus dengan modal yang besar, yang terpenting kamu tahu produk apa yang akan digunakan sebagai investasi. Pilihlah produk yang baik sehingga prospek ke depannya pun bisa semakin meningkat. Sesuaikan juga dengan modal, mulai dulu aja dari yang kecil, lama-lama jika kamu sudah mengerti dan paham dengan jalannya, modal akan terus naik dengan sendirinya.

Itulah sedikit hal-hal yang penting yang harus diketahui sebelum melakukan investasi agar tidak salah mengambil keputusan. Semoga membantu!

admbursaefekindonesia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x