Kabar Saham INDF-ICBP Setelah Berita Indomie di Ghana

Kabar Saham INDF-ICBP Setelah Berita Indomie di Ghana

Di perdagangan bursa efek pada Selasa Tanggal 29 Desember 2020 kemarin, dua saham dari konsumer grup Salim ditutup merah. Ini terjadi di tengah kejatuhan indeks Harga Saham Gabungan.

BEI sendiri mencatata kalau IHSG ditutup minum 0,94% pada posisi 6.036,17 dan sebanyak 154 saham naik, 331 saham turun, sedangkan sisanya sebanyak 137 saham stagnan.

Saham dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) sendiri tercatat turun sebesar 1,85% pada posisi Rp9.300/ saham. Nilai transaksi yang ada mencapai Rp171,08 miliar dan volume perdagangannya 18,23 juta saham.

Sebelumnya pada sepekan terakhir, ICBP minus 4,12%, dalam sebulan turun 8,15%, dan pada kurun waktu 3 bulan turun 8,37%. Kapitalisasi pasar mencapai Rp108,46 triliun.

Saham induknya sendiri, yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk juga tutup dengan turun 1,44% pada posisi Rp6.825/saham. Nilai transaksi yang terjadi mencapai Rp53,90 miliar dan volume perdagangannya 7.87 juta saham.

Hingga saat ini belum terdapat sentimen kuat untuk kedua saham, tetapi dari catatan aksi net sel, saham dari INDF masih dilego asing Rp7.14 miliar di hari ini, sedangkan untuk ICBP cukup besar yaitu Rp42,42 miliar.

Salah satu yang mempengaruhi ICBP adalah berita mengenai indomie yang ada di negeri Afrika, Ghana, di mana indomie menjadi salah satu alat transaksi untuk melakukan seks di negara tersebut.

Hal ini dinyatakan dalam sebuah dialog nasional mengenai kekerasan seksual dan berbasis gender pada pandemi yang berlangsung saat ini. Bashiratu Kamal, seorang pakar gender dan ketenagakerjaan mengatakan kalau Indomie merupakan penyebab dari kenaikan angka kehamilan yang terjadi di Ghana.

Hal ini dikarenakan para gadis yang ada di Ghana diiming-imingi dengan barang-barang seperti pulsa, telepon seluler, dan juga indomie untuk melakukan hubungan intim. Pemicu terjadinya hal ini adalah karena tingkat kemiskinan yang ada di Ghana yang semakin diperparah dengan adanya pandemi.

Bahkan ada ibu di Ghana yang menyuruh putrinya untuk melakukan Seks transaksional ini, di mana mereka mengharapkan agar dengan demikian putrinya bisa mendapatkan cukup uang sampai mereka bisa menghidupi diri mereka sendiri.

Ghana sendiri mencatat resesi terjadi di tahun 2020 ini dan laporan keuangan ICBP per September 2020 mencatat kalau memiliki entitas asosiasi, yaitu De-United Foods Industries Ghana Limited yang sudah beroperasi sejak tahun 2012. Fokusnya adalah produksi, penjualan, sampai ke distribusi mi instan juga produk lainnya.

admbursaefekindonesia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x