Apa Itu Saham Gorengan?

Apa Itu Saham Gorengan?

Saham Gorengan merupakan saham yang memiliki kualitas tidak baik dan sudah direkayasa oleh sejumlah pihak. Biasanya pihak yang melakukan rekayasa ini disebut dengan nama bandar saham. Mereka melakukan hal ini untuk bisa mengambil keuntungan di dalam jangka pendek.

Bandar saham yang melakukan hal ini biasanya memiliki saham yang banyak. Selain itu nilai kapitalisasi pasarnya kecil dan jumlah pemegang saham publiknya sedikit. Dengan mudahnya bandar saham bisa mempermainkan gerakan dari saham gorengan ini, karena harga dari saham dengan jenis ini sangatlah murah. Kalau dilihat saham jenis ini tampak seperti seperti menawarkan keuntungan yang besar, padahal risiko yang ada di saham jenis ini sangatlah besar.

Lalu bagaimana cara membedakan saham gorengan dengan saham lainnya? Berikut ini adalah beberapa hal yang mengidentifikasi kalau saham tersebut merupakan saham gorengan:

1.Saham tersebut secara tiba-tiba bergerak dengan volume juga nilai transaksi yang tinggi, padahal sebelumnya sangat sepi terjadi transaksi

2. Terdapat Bid dan Offer yang membuat curiga

3. Ada pergerakan dalam satu hari yang fluktuatif, seperti saham dapat naik sebesar 10% di dalam 1 hari, tetapi pada 15 menit berikutnya dapat berubah sampai minus 3%

4. Kenaikan saham ini tidak disertai dengan adanya perbaikan dari kinerja perusahaan tersebut

5. Pergerakan harga yang ada tidak dapat dilakukan analisa dengan menggunakan analisa fundamental dan teknikal.

Ada cara yang baik untuk menyikapi adanya saham gorengan ini, karena banyak hal yang harus Anda perhatikan kalau ingin melakukan transaksi saham ini. Tetapi jika Anda merupakan investor pemula, tidak disarankan untuk melakukan transaksi saham gorengan.

Itu karena transaksi di saham gorengan lebih membutuhkan pengalaman juga kesiapan mental. Selain itu investor juga harus bisa merencanakan Trading yang matang dan perlu untuk diperhatikan juga kalau saham ini tidak cocok dan sangat tidak disarankan untuk dijadikan investasi jangka panjang, karena hal itu hanya akan menimbulkan kerugian. Lebih baik saham jenis ini ditransaksikan jangka pendek dan memanfaatkan fluktuasi harga.

Berikut ini kami memiliki tips untuk Anda yang ingin melakukan transaksi pada saham gorengan, tetapi tetap tidak disarankan untuk Anda yang masih pemula.

1.Lakukan transaksi dengan uang yang sedikit, setidaknya pakai 5-10% dari dana yang Anda miliki

2. Untuk jangka pendek, sesuaikan dengan rencana Trading Anda. Seperti misalnya ditransaksikan hanya dalam 1 hari

3. Anda harus bisa disiplin menyesuaikan dengan rencana Trading yang sudah Anda buat, jangan sampai takut dan khawatir dengan adanya cut los. Misalnya sudah ditentukan dengan target keuntungan yang akan Anda dapatkan 3-5% dengan titik cut lossnya turun sampai 2%.

4. Terakhir jangan sampai Anda mudah untuk tergoda ketika sudah mendapatkan keuntungan dari Trading ini. Karena Anda harus tetap rasional ketika ingin melakukan transaksi lainnya dengan saham gorengan.

Dengan demikian bisa disimpulkan kalau saham gorengan bukan merupakan sarana investasi, karena tidak bisa dipegang pada jangka waktu yang lama. Selain itu saham ini sangat disarankan untuk dilakukan investasi jangka pendek dengan memanfaatkan fluktuasinya. Gunakan juga sedikit modal juga rencana Trading yang lebih matang.

Itulah sedikit bahasan mengenai saham gorengan yang bisa Anda ketahui. Jangan sampai Anda salah menghambil langkah di dalam melakukan Trading saham, apa lagi jika terjebak di dalam saham gorengan.

admbursaefekindonesia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x