Perbedaan Antara Saham dan Reksa Dana, Cari Tahu Yuk!

Perbedaan Antara Saham dan Reksa Dana, Cari Tahu Yuk!

Perbedaan utama antara Saham dan Reksa Dana adalah bahwa Saham adalah istilah yang digunakan untuk mewakili saham yang dimiliki oleh orang di satu atau lebih dari satu perusahaan di pasar yang menunjukkan kepemilikan seseorang di perusahaan tersebut, sedangkan reksa dana adalah konsep di mana perusahaan manajemen aset mengumpulkan dana dari investor yang berbeda dan menginvestasikannya dalam portofolio aset yang berbeda dengan investor yang memiliki bagian dana untuk uang yang mereka investasikan.

 

Perbedaan Antara Saham dan Reksa Dana, Cari Tahu Yuk!

 

Kunci Perbedaannya Adalah Sebagai Berikut

1. Saham adalah kumpulan saham yang dimiliki oleh investor individu yang menunjukkan proporsi kepemilikan mereka dalam aset dan pendapatan suatu perusahaan. Di sisi lain, reksa dana adalah kumpulan uang dari beberapa investor skala kecil, yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio aset. Ini termasuk ekuitas, utang, atau pasar uang lainnya
instrumen.

 

2. Kinerja saham tergantung pada kinerja perusahaan secara keseluruhan di mana investasi dilakukan dan sektor. Berbagai faktor ekonomi makro dapat berdampak langsung. Kinerja reksa dana tergantung pada faktor ekonomi makro
, tetapi keterampilan manajer dana dan kumpulan sekuritas dapat membantu menjaga pengembalian yang stabil dan teratur.

 

3. Direksi menentukan strategi saham. Hal ini dapat berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku dan keterampilan direksi. Sebaliknya, di Reksa dana, aturan dan peraturan telah dinyatakan sesuai Prospektus Red Herring
. Sangat penting untuk mengikuti aturan sesuai Prospektus karena tujuannya adalah untuk mengalahkan pengembalian yang ditawarkan oleh pasar tanpa berdampak pada jumlah pokok yang diinvestasikan.

 

4. Saham mewakili kepemilikan saham kepada investor, sedangkan reksa dana menawarkan kepemilikan fraksional ke keseluruhan keranjang sekuritas.

 

5. Penanam modal bertanggung jawab secara pribadi atas pengelolaan dan penatausahaan saham atau dapat dilakukan dengan menunjuk pialang saham. Sebaliknya, reksa dana dikelola oleh pengelola dana profesional atas nama investor.

 

6. Komponen risiko dalam hal saham lebih besar karena arah investasinya pada satu perusahaan. Sebaliknya, Reksa dana menawarkan manfaat diversifikasi, sehingga menawarkan peluang penghasilan yang kuat jika terjadi kegagalan dalam satu perusahaan atau sektor.

 

7. Perdagangan saham dapat dilakukan kapan saja sepanjang hari, termasuk perdagangan intra-hari pada harga yang ada, sedangkan reksa dana hanya diperdagangkan sekali sehari, mungkin pada akhir basis harian di mana NAB diselesaikan .
Harga saham individu dikalikan dengan jumlah saham yang menentukan nilai saham yang dimiliki oleh investor. Di sisi lain, nilai reksa dana dapat dihitung dengan sampai pada NAB, yang merupakan nilai total aset setelah dikurangi biaya.

 

8. Saham mendapatkan pengembalian reguler dalam bentuk dividen
diperoleh dan dapat bervariasi tergantung pada kinerja perusahaan dan keputusan yang diambil oleh manajemen. Reksa dana bertujuan untuk menawarkan dividen reguler kepada investor dan lebih dari yang ditawarkan di pasar. Mereka juga memberikan pernyataan tepat waktu tentang kinerja dana secara keseluruhan, yang membantu investor dalam pengambilan keputusan.

 

9. Pemegang saham
bertanggung jawab langsung atas pengembalian di pasar saham karena investor secara langsung mengelolanya, sedangkan pengelola dana tidak bertanggung jawab langsung atas hasilnya. Namun, kenaikan dan komisi pribadi mereka bergantung pada dana yang mereka kelola.

 

Itulah perbedaan antara saham dan reksa dana, semoga informasinya bermanfaat.

admbursaefekindonesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Read also x