sbobet gold online poker

Pengertian Saham Lengkap Beserta Jenis-jenis Saham

Pengertian Saham Lengkap Beserta Jenis-jenis Saham

Pengertian Saham merupakan sebuah media investasi alternatif yang memiliki potensi keuntungan dan kerugian yang lebih besar dibandingkan jenis investasi lainnya dalam jangka panjang. Maka dari itu anda harus mempelajari saham dengan benar agar bisa terhindar dari kerugian yang menanti anda.

Investasi Saham di Indonesia sendiri cukup populer karena mudah dipelajari dan menghasikan profit yang besar asalkan kita bisa menggunakan teknik-teknik yang tepat sehingga terhindar dari kerugian.

Pengertian Saham

Saham adalah surat berharga yang menjadi tanda kepemilikan seseorang atau badan terhadap sebuah perusahaan. Sedangkan pengertian saham sendiri adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan berbentuk PT atau yang biasa disebut dengan emiten. Saham menyatakan bahwa pemilik saham tersebut juga pemilik sebagian dari perusahaan itu sendiri.

Dengan demikian, jika kamu membeli saham maka kamu juga menjadi pemilik atau pemegang saham perusahaan.

Wujud saham sendiri berupa selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas itu adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan kertas tersebut, jadi sama saja dengan menabung di bank kita akan mendapatkan slip yang menyatakan kita telah menyetor sejumlah uang. Namun dalam Investasi saham kita tidak menerima slip melainkan saham.

Jenis-Jenis Saham

Perusahaan bisa menerbitkan 2 jenis saham yang bisa dimiliki yaitu Saham Biasa dan saham Preferen. Kedua saham ini memiliki pengertian yang berbeda, Yuk simak baik-baik.

Saham Biasa

Saham biasa merupakan pemilik sebenarnya dari sebuah perusahaan, Mereka menanggung resiko dan mendapatkan keuntungan dari perusahaan, Selain itu pada saat kondisi keuangan perusahaan jelek mereka tidak akan menerima Dividen. Begitu pula sebalikmya, pada saat kondisi perusahaan baik mereka akan memperoleh dividen yang cukup besar dan bahkan saham bonus.

Bagi pemegang saham biasa, Mereka memiliki hak suara dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) dan akan ikut menentukan kebijakan perusahaan, jika perusahaan dikikuidasi, Pemegang saham biasa akan membagi sisa aset yang dimiliki perusahaan setelah dikurangi bagian pemegang saham preferen.

Saham Preferen

Saham preferen merupakan sebuah saham yang mendapatkan hak istimewa dalam pembayaran dividen dibandingkan saham biasa. Lalu dia juga yang jadi pertama dalam hal pembayaran modal yang disetorkan jika perusahaan dilikuidasi dan dia berhak pula menukar dengan saham biasa.

Kesimpulan

Itulah Pengertian saham beserta jenis-jenis saham yang ada, semoga dengan informasi ini bisa menambah wawasan kalian semua.

admbursaefekindonesia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x