Pemegang Saham Tak Pernah Beri Setoran Modal, Harus Apa?

Pemegang Saham Tak Pernah Beri Setoran Modal, Harus Apa?

Konflik yang ada di dalam perusahaan sangat banyak dan beragam. Salah satunya adalah pembagian saham yang tidak jelas karena banyak hal.

Salah satunya diutarakan oleh warga Jawa Barat berinisial P yang menanyakan mengenai hukum perusahaan.

Kronologinya dimulai dari tahun 2018 dimana ia menggantikan salah satu pemegang saham di perusahaan rekannya dan dibuatkan akta di notaris dengan saham sebesar 25% dan rekannya sebesar 755.

Namun rekannya tersebut tak pernah memberikan bukti setoran modalnya yang bernilai 75% itu. Tentu saja hal ini bisa merugikan P saat ada pembagian keuntungan.

Karena, rekannya itu merasa memiliki modal yang lebih besar sedangkan ia tak pernah tahu berapa nominal sesungguhnya yang ia setorkan untuk modal.

Lalu, bisakah ia menuntut rekan bisnisnya itu? Lalu pasal apa yang akan dikenakan terhadap rekan bisnisnya itu?

Namun, harus diketahui, perusahaan yang dimaksud itu apakah berbentuk badan hukum atau bukan. Jika bentuknya badan hukum seperti Perseroan Terbatas (PT) maka harus melihat AD dan ART nya.

Berapa modal dasarnya dan berapa modal yang ditempatkan. Berapa banyak sahamnya dan berapa banyak pemegang saham.

Jika ragu mengenai modal yang disetor oleh rekan kalian, maka kalian bisa meminta rapat pemegang saham dimana syarat – syaratnya bisa kalian baca dalam UU Nomor 1 Tahun 1995.

Jika pemegang saham tidak menyetorkan modal ke kas PT, maka hal suaranya dalam RUPS, menerima dividen dan hasil likuidasi PT akan tertunda.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Surat Pengesahan pendirian Badan Hukum dari Menteri Hukum dan Ham atau Menkumham adalah surat penrnyataan setor modal.

Ada kewajiban untuk menyetor dan menempatkan modal disetor tersebut maksimal 60 hari setelah akta pendirian ditandatangani. Jika tidak, maka hak – hak pemegang saham akan tertunda.

Namun, tentu saja jawaban ini bersifat informative dan bukan bagian dari legal opinion yang bisa dijadikan sebagai alat bukti di pengadilan serta juga tak bisa digugat.

admbursaefekindonesia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x