Mengenal Jenis-Jenis Index Saham

Mengenal Jenis-Jenis Index Saham

Dalam berinvestasi di pasar modal, investor pada dasarnya memiliki banyak pilihan indeks yang dapat dijadikan sebagai referensi trading.

Mengenal Jenis-Jenis Index Saham

Indeks saham adalah ukuran statistik perubahan pergerakan harga dari kumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dan digunakan sebagai sarana tujuan investasi.

Banyaknya saham yang dikeluarkan oleh banyak perusahaan, sehingga indeks saham ini dibuat untuk memantau kinerja suatu bursa secara umum.

Indeks Saham

Indeks saham adalah ukuran statistik yang mencerminkan pergerakan harga secara keseluruhan dari sekelompok saham yang dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu dan dievaluasi secara berkala. Tujuan/manfaat indeks saham antara lain:

  • Mengukur sentimen pasar
  • Digunakan sebagai produk investasi pasif seperti Reksa Dana Indeks dan ETF Indeks serta produk turunannya
  • Tolok ukur untuk portofolio aktif
  • Proxy dalam mengukur dan memodelkan laba atas investasi, risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko
  • Proxy untuk kelas aset pada alokasi aset.

Saat ini BEI memiliki 40 indeks saham, berikut beberapa di antaranya:

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham yang tercatat di Papan Utama dan Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia.

IDX80

Indeks yang mengukur kinerja harga dari eighty saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang besar serta didukung oleh essential perusahaan yang baik.

Indeks LQ45

Indeks yang terdiri dari forty five saham Perusahaan Tercatat yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar, dengan kriteria yang telah ditentukan. assessment dan penggantian saham dilakukan setiap 6 bulan sekali.

IDX30

Seperti indeks saham sebelumnya, IDX30 merupakan indeks yang mengukur kinerja harga setara dengan likuiditas dan kapitalisasi pasar yang besar.

Penilaian ini juga didasarkan pada essential perusahaan yang baik. Saham yang tergabung dalam IDX30 berasal dari saham
LQ45.

Evaluasi saham di BEI30 dilakukan setiap three bulan untuk evaluasi minor, dan setiap 6 bulan untuk evaluasi mayor.

Setiap evaluasi besar akan ada perusahaan yang dikeluarkan atau diganti.

Salah satu tujuan IDX30 adalah untuk memudahkan investor atau dealer dalam memilih saham yang sesuai dengan tujuan investasinya dengan cara mempersempit saham ke stage yang lebih likuid dan dengan kapitalisasi yang besar.

Indeks Papan Utama Dan Papan Pengembangan

Indeks yang dikelompokkan secara khusus di Bursa Efek Indonesia berdasarkan kelompok Papan Utama dan Papan Pengembangan. Papan utama biasanya terdiri dari saham-saham dari perusahaan yang sudah stable di pasar. Sedangkan dewan pengembangan terdiri dari saham-saham perusahaan yang belum konsisten membukukan laba dalam laporan akhir tahun.

admbursaefekindonesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Read also x