Mengenal Cara Kerja Bursa Efek

Mengenal Cara Kerja Bursa Efek

Banyak orang berpikir bahwa sangat sulit untuk memahami apa itu bursa saham. Namun, di generation virtual sekarang ini, semakin banyak orang khususnya generasi milenial yang tertarik untuk berinvestasi yang pada akhirnya membawa mereka untuk belajar memahami apa itu bursa.

Mengenal Cara Kerja Bursa Efek

Investasi merupakan hal yang sangat menarik untuk dicoba. Ketika memiliki resiko yang tinggi, namun go back yang bisa didapatkan tidak kalah menarik. Hal ini sejalan dengan prinsip excessive chance and excessive return investment. Bursa Efek Indonesia merupakan sarana untuk memperoleh kepemilikan.

Sejarah Bursa Efek Indonesia

Di Indonesia, bursa pertama kali diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 10 Agustus 1977, dengan dibukanya Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang dijalankan di bawah Bapepam (Badan Penyelenggara Pasar Modal) dengan PT Semen Cibinong sebagai emiten pertama. Kemudian pada tahun 1989, pemerintah membuka kembali pasar modal yang lain, yaitu Bursa Efek Surabaya (BES). Namun, sejak tahun 2007, BEJ dan BES kemudian dilebur ke dalam Bursa Efek Indonesia (BEI).

Peran Bursa Efek Indonesia

  • Secara rinci peran Bursa Efek Indonesia adalah sebagai berikut.
  • Fasilitator Perdagangan Efek
  • Menyediakan sarana untuk perdagangan efek
  • Membuat peraturan terkait kegiatan di bursa
  • Merekam semua efek instrumen
  • Melakukan upaya likuiditas instrumen.
  • Melakukan transparansi informasi bursa.
  • Pengendalian Transaksi Efek
  • Memantau aktivitas transaksi surat berharga yang terjadi
  • Mencegah manipulasi harga yang tidak adil yang dilarang oleh undang-undang.
  • Penangguhan perdagangan bagi emiten saham yang terbukti melanggar ketentuan (postponing).
  • Pencabutan surat berharga di bursa yang terbukti melanggar ketentuan (delisting)

Bagaimana Bursa Efek Bekerja

Perusahaan yang terdaftar di pasar modal adalah perusahaan yang terbuka untuk umum. Artinya, tindakan perusahaan dapat dimiliki (dibeli) secara umum. Untuk prosesnya sendiri, Bursa akan memfasilitasi segalanya untuk melakukan segalanya hingga perusahaan di pasar saham.

Prioritas Harga Dan Waktu

Cara kerja bursa saham yang pertama adalah prioritas harga dan waktu. Bentuk analisis prioritas harga adalah dari sisi penawaran dan permintaan.

Sistem Dalam Pembelian Saham

Cara kerja BEI selanjutnya terkait dengan sistem pembelian saham. Dalam hal ini BEI menggunakan satuan lot saham (round lot). Setiap lot setara dengan one hundred lembar saham.

Pemantauan Transaksi

Sistem kerja BEI selanjutnya adalah mengenai proses pengawasan dalam transaksi, yang meliputi penjaminan keamanan terkait informasi perusahaan, pemantauan transaksi secara actual time, tindak lanjut atas transaksi yang tidak wajar, pengajuan klarifikasi atas permasalahan di dalam perusahaan, dan pemberian skorsing atau sanksi kepada pasar modal. pemain yang melakukan penipuan. pelanggaran.

admbursaefekindonesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Read also x