sbobet gold online poker

5 Jenis Investasi Yang Paling Menguntungkan Untuk Anda

5 Jenis Investasi Yang Paling Menguntungkan Untuk Anda

Apakah kalian sudah mengumpulkan dana untuk berinvestasi? Nah setelah susah payah menabung, kini saatnya dana yang kita miliki digunakan untuk investasi.

Investasi sangat penting dilakukan jika Anda memang menginginkan financial freedom guna keuangan jangka panjang anda.

Semakin awal Anda berinvestasi, semakin baik pula hasil yang akan anda dapatkan dalam jangka panjang.

Tapi hal ini juga dipengaruhi oleh efek compounding. namun, tentunya Anda juga harus bijak saat menentukan investasi anda.

Pada kesempatan kali ini, Info Bursa Indonesia akan membahas mengenai berbagai macam investasi yang ada di Indonesia. Yuk langsung saja kita bahas!

5 Jenis Investasi Yang Menguntungkan Untuk Anda

1. Deposito Berjangka

Deposito berjangka merupakan deposito bank dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan yang biasa. Deposito berjangka mempunyai tanggal jatuh tempo yang jelas. Jadi jika anda mencairkan dana sebelum tanggal yang diatur, maka anda akan dikenai denda.

Akan tetapi, jika deposito Anda memang sudah jatuh tempo maka anda berhak mencairkan dana tanpa perlu membayar denda.

Semakin lama dan semakin besar uang yang kalian depositkan maka semakin besar juga bunga yang akan kalian dapatkan.

Deposito berjangka disebut sebagai salah satu investasi beresiko rendah dan cukup aman untuk investor pemula.

Selain itu, untuk melakukan deposito juga terbilang cukup gampang dan tak rumit, sehingga banyak investor pemula yang memulai investasinya dengan deposito.

Lalu apa saja kelemahan Deposito?

Kelemahan deposito sendiri adalah anda tidak dapat mencairkan dana sampai tanggal yang ditentukan, jadi pastikan dulu anda memiliki dana cadangan untuk keperluan darurat.

Selain itu, bunga dari deposito juga tergolong kecil daripada jenis investasi lainnya dan bunganya tidak sesuai dengan inflasi yang terjadi.

2. Emas atau Logam Mulia

investasi yang menguntungkan investor

Investasi emas atau logam mulia mungkin terbilang jenis investasi yang sangat klasik, karena dari dulu orang asia menggunakan emas sebagai media investasinya.

Harga Emas biasanya akan mengalami kenaikan harga sebagai respons terhadap kejadian-kejadian tertentu yang menyebabkan poin paper investment, seperti saham dan obligasi, menurun.

Harga emas juga bisa turun dalam waktu pendek, namun untuk waktu jangka panjang tetap aman. Karena hal ini emas cocok dipertimbangkan sebagai investasi jangka panjang.

Namun kalian perlu menyediakan tempat emas yang aman agar tidur kalian nyenyak, kalian bisa menyimpannya di safe box atau di bank kepercayaan kalian.

3. Properti

Melihat nilai investasi properti semakin meningkat dari tahun ke tahun, hal ini membuat investasi properti menjadi salah satu pilihan untuk investasi jangka panjang terbaik.

Tapi perlu diketahui bahwa selain mendapatkan keuntungan, kerugian melakukan investasi properti juga sangat besar. Salah satunya merupakan dimana Anda akan mengeluarkan biaya yang tinggi, dan membutuhkan banyak uang untuk membeli sebuah properti.

Selain itu properti yang anda beli juga memerlukan Perawatan agar bisa dijual dengan harga yang baik.

Jika anda memilih investasi properti, maka kalian mendapatkan 2 pilihan untuk mendapatkan keuntungan.

Pertama, Anda dapat menunggu sampai harga atau nilai dari sebuah properti naik dan kemudian Anda menjualnya. Kedua, properti yang anda miliki bisa anda sewakan, dimana anda akan mendapatkan passive income yang menggiurkan.

Tapi, kalian harus siap dengan resiko kerusakan yang terjadi setelah sewa selesai.

4. Saham

Investasi saham dapat dikatakan sebagai jenis investasi yang paling dikenal. Investasi saham umumnya berupa bentuk kepemilikan dari sebuah perusahaan.

Jika Anda mempunyai saham di perusahaan, maka anda berhak mendapatkan keuntungan yang dihasilkan perusahaan tersebut.

Investasi saham cenderung menawarkan hasil yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Akan tetapi, saham itu bersifat high risk, high return.

Investasi jenis ini berisiko tinggi untuk dijalankan, harga saham dapat naik dan turun dengan cepat dalam rentang waktu yang singkat.

Untuk investasi saham biasa juga diklasifikasikan dalam dua jenis, yaitu; saham dividen dan saham pertumbuhan. Saham pertumbuhan merupakan saham di perusahaan yang berkembang cepat.

Namun, jenis pertumbuhan saham tidak akan membayarkan penghasilan perusahaan terhadap para investor.

cara investasi yang benar

Perusahaan lebih menyukai menggunakan pendapatan mereka untuk mengoptimalkan bisnis mereka, sehingga satu-satunya metode untuk menerima keuntungan adalah dengan menjual saham yang Anda miliki.

Sedangkan untuk dividen saham justru sebaliknya. Perusahaan akan membayar para pemegang saham dari pendapatan perusahaan. Semakin banyak saham yang kalian miliki, semakin besar pula dividen yang akan kalian dapatkan.

5. Peer to Peer Lending

investasi yang menguntungkan

bentuk investasi dari peer-to-peer lending merupakan sebuah platform pinjaman dana dari investor yang akan diberikan terhadap pelaku UKM yang menjadi peminjam.  setiap investor akan menerima suku bunga efektif yang sungguh-sungguh kompetitif, hampir mencapai 18% per tahun.

Investasi jenis ini juga memungkinkan investor untuk dapat memilih sendiri, level resiko yang akan diterima, mulai dari low risk, medium, sampai high risk

Setiap jenis resiko umumnya mempunyai bunga kompetitifnya masing-masing.

Berbeda dari jenis investasi lainnya, peer-to-peer lending juga memungkinkan Anda untuk dapat mulai berinvestasi hanya dengan Rp 100.000.

Tentunya jenis ini sungguh-sungguh sesuai bagi para investor pemula untuk mulai belajar mengenai dunia investasi.

selain itu, disaat Anda melakukan investasi maka Anda juga secara tidak langsung turut membantu perkembangan dunia UKM di Indonesia.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk Investasi!

admbursaefekindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x