sbobet gold online poker

4 Tips Agar Menjadi Investor Saham Sukses

4 Tips Agar Menjadi Investor Saham Sukses

Investasi saham adalah Investasi yang sangat menguntungkan bagi seseorang, Seiring bertambahnya biaya kehidupan di masyarakat, sekarang mereka makin tau dan sadar betapa pentingnya melakukan investasi dan menabung uang untuk jangka panjang.

Mereka mulai belajar tentang Bagaimana cara menjadi investor atau Cara Berinvestasi dengan baik, Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberi tau kalian Cara Untuk Menjadi Investor Saham Sukses.

Tips Investasi Saham

Investasi Saham bisa membuat kalian menjadi untung maupun rugi, besaran untung dan rugi juga tergantung dari nilai Investasi kalian semakin besar kalian berinvestasi semakin tinggi pula tingkat resiko yang harus kalian hadapi.

Dalam berinvestasi saham kalian bisa melakukan nya dalam jangka pendek maupun jangka panjang, tergantung keputusan kalian ingin ber investasi seperti apa.

Penasaran kan tentang Investasi Saham? Silahkan baca artikel ini sampai selesai karena saya akan memberi panduan Lengkap kepada kalian Tentang Cara Mudah Menjadi Investor Saham Yang Sukses.

Apa Itu Saham

Saham adalah surat berharga sebagai tanda kepemilikan suatu perusahaan, saat kalian membeli saham berarti kalian telah memiliki hak kepemilikan atas Perusahaan tersebut.

Selain itu investor saham berkesempatan untuk mendapatkan dividen (laba perusahaan yang dibagikan untuk investornya), Para investor saham juga berhak mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) hanya dengan memiliki 1 lot (100 lembar) saham perusahaannya.

Selain itu karakter investor juga berbeda-beda, ada yang menjadi trader (jangka pendek) ada pula investor jangka panjang, semua tergantung profil resiko yang mereka ambil.

Sebenarnya belajar soal Investasi Saham cukup Mudah, tidak terlalu sulit.

Kita hanya perlu memahami tujuan kita dalam investasi saham itu seperti apa, apakah kita menabung saham untuk investasi jangka panjang atau jangka pendek.

Lalu akan kita gunakan apa hasil dari saham tersebut, apakah kita akan gunakan untuk investasi saham lagi atau kita cairkan.

Pelaku Investasi Saham

Dibawah ini adalah beberapa pelaku investasi saham yang bisa kalian ditemui di pasar efek, pelaku investasi ini mengharapkan keuntungan dari penanaman saham mereka.

a.Investor

Investor adalah orang yang menanamkan uang mereka dibursa saham untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Biasanya seorang investor akan membeli saham di perusahaan yang memiliki performa dan nilai yang baik untuk disimpan dalam waktu yang lama, investor Menggunakan analisis fundamental untuk menentukan pembelian saham nya.

b.Trader

Sedangkan Trader Adalah orang yang memanfaatkan fluktuasi harga saham dengan memperjualbelikan saham.

Trader mentransaksikan saham dalam jangka waktu yang pendek hingga menengah, mereka tidak seperti investor yang bermain dengan jangka waktu panjang.

Jangka waktu yang digunakan oleh trader bisa harian,mingguan bahkan bulanan, bahkan ada juga trader yang melakukan penjualan menitan atau perjaman.

Trader menggunakan analisis teknikal dalam mengambil keputusan pembelian saham nya, berbeda dengan investor.

c.Spekulan

Nah sedangkan Spekulan adalah orang yang berbeda dengan Trader dan Investor, Spekulan menggunakan saham untuk berjudi, seorang spekulan umumnya tidak mengetahui ilmu tentang Saham.

Entah itu analisa fundamental atau teknikal, jadi transaksi mereka hanya berdasarkan rumor atau tebakan saja.

Investasi Saham Sukses di Indonesia

Tips Untuk Investor Saham Baru

Dibawah ini adalah tips untuk investasi saham yang bisa kalian pelajari.

1.Ketahui Profil Resiko

Sebelum kalian memulai investasi saham pelajari dahulu Profil Resiko yang akan kalian gunakan.

Jumlah saham yang ada dibursa efek itu banyak dan tidak sedikit, sehingga kalian perlu hati-hati dalam membuat keputusan jika tidak ingin merugi.

Jika kalian tipe hati-hati maka kalian bisa memilih saham blue chip atau BUMN, karena saham ini lebih stabil pergerakan nya dan likuid sehingga resiko nya kecil, sedangkan jika kalian tipe nekat maka kalian bisa memilih saham yang memiliki kapitalisasi pasar kecil dan menengah.

2.Tentukan Tujuan Investasi

Nah seperti yang saya katakan diatas, setelah kalian menentukan profil resiko kalian, selanjutnya kalian harus menentukan Tujuan Investasi.

Tujuan investasi kalian untuk jangka pendek,menengah atau panjang ?  

Banyak Investor saham menyarankan untuk mengambil investasi jangka menengah, karena jika mengambil investasi jangka pendek kalian akan merugi karena harus membayar fee broker, untuk kalian tidak seberapa jadinya.

3.Tau Waktu Yang Tepat Untuk Beli & Jual

Pahamilah siklus penjualan saham yang ada, semakin banyak penjualan dibulan tertentu maka hal itu bisa menentukan harga saham turun.

Seperti Bulan Mei, karena bulan libur banyak orang yang menjual saham pada bulan itu, otomatis hal ini akan mempengaruhi harga jual saham.

Nah maka dari itu pahamilah alur waktu jual beli saham agar kalian bisa mendapatkan saham dengan harga yang murah dan bisa mendapatkan cuan dari situ.

4.Jumlah Investasi

Perhatikan jumlah modal kalian untuk investasi saham, jangan tergiur dengan harga saham yang mahal.

Perhatikan kondisi keuangan kalian dulu, namun saat ini kalian sudah bisa mulai berinvestasi saham hanya dengan 100rb saja.

Namun jumlah lot yang kalian dapatkan tentu lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang memiliki modal besar jutaan hingga puluhan juta.

Bagaimana Cara Memilih Saham Yang Tepat

Dibawah ini adalah strategi Pemilihan saham oleh Parto Kawito, Direktur PT Infovesta Utama yang bisa kalian gunakan saat ingin memilih saham.

a.Fundamental Perusahaan

Meskipun jumlah uang yang kalian investasikan kecil, namun tetap saja kan kalian ingin mendapatkan keuntungan.

Maka dari itu kalian tidak bisa sembarangan memilih saham.

Sebelum memilih perusahaan, kalian harus melihat laporan keuangan mereka dulu, kalau perusahaan mereka jelek laporan keuangan nya seperti profit turun,banyak utang lebih baik kalian ganti perusahaan saja.

Cari saham yang memiliki laporan keuangan baik dan meningkat.

b.Analisa Teknikal Saham

Selain laporan keuangan perusahaan, kalian juga harus melihat bagaimana analisa grafik perusahaan tersebut.

Kalau pergerakan naik turun nya tidak terlalu tinggi, kalian bisa membeli sahamnya karena saham itu stabil dan tidak rawan dipasar.

c.Nasihat Broker

Bagi kalian yang baru saja memulai investasi saham dan belum paham betul tentang saham, ada baiknya kalian ikuti saran dari Broker.

Tanyakan kepada mereka apakah saham tersebut memiliki prospek yang bagus, biasanya para broker akan menjelaskan kepada kalian analisa fundamental dan teknikal dari perusahaan yang ingin kalian beli.

Dari situlah broker akan memberikan saran kepada kalian, apakah bagus untuk membeli perusahaan itu atau ganti perusahaan lainnya.

Penutup

Sekian saja tentang Cara Mudah Menjadi Investor Saham Sukses, Semoga artikel ini bisa berguna bagi kalian semua yang ingin terjun ke dunia investasi saham.

admbursaefekindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x