Keuntungan Beninvestasi Saham

Keuntungan Beninvestasi Saham

Banyak yang mengatakan kalau investasi saham lebih menarik kalau dibandingkan dengan jenis investasi lain. Kini banyak orang yang melirik jenis investasi ini karena bisa menambah pendapatan yang cukup besar, tetapi tentunya risiko yang kita dapatkan juga besar.

Sebab itu, banyak orang yang tidak berani mengambil investasi ini. Karena kalau tidak tahu cara kerjanya, bukannya untung malah bisa menjadi rugi.

Tetapi untuk Anda yang ingin terjun ke dunia saham, cobalah mulai dengan memilih saham BUMN atau Blue Chip, karena saham tersebut memiliki gerakan yang stabil.

Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan investasi saham.

Keuntungan dari Investasi Saham

1.Dividen

Keuntungan yang biasanya akan didapatkan oleh pemilik saham adalah Dividen. Ini merupakan pembagian laba yang akan perusahaan berikan ke pemegang saham dan dividennya itu sendiri berasal dari keuntungan yang sudah didapatkan oleh perusahaan.

Tetapi ada juga perusahaan yang tidak membagikan dividen ke para pemegang saham saat mereka mendapatkan laba. Biasanya itu terjadi karena ingin melakukan ekspansi atau pun melakukan pengembangan usaha dan umumnya dilakukan oleh perusahaan yang sedang melakukan pengembangan.

2. Capital Gain

Inilah hal yang biasanya diincar oleh para investor, mereka mencari keuntungan dari selisih yang didapatkan dari harga jual saham. Misalnya, Anda membeli saham di perusahaan A dengan harga Rp3000 rupiah perlembar, lalu Anda menjualnya ketika saham pada angka Rp4000 perlembarnya. Ini berati Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp1000 perlembarnya.

3. Punya Hak Ikut RUPS

Keuntungan lain dari kepemilikan saham adalah Anda bisa menjadi pemilik perusahaan. Jika sudah demikian, maka Anda memiliki hak untuk ikut dalam RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham.

Dalam RUPS ini, kita dapat mengetahui mengenai pemaparan dari rencana apa yang akan dilakukan oleh perusahaan kedepannya.

4. Modal Kecil dengan Keuntungan yang Besar

Kenapa orang suka bermain saham? Itu karena keuntungan yang bisa didapatkan dari bermain saham cukup besar meski dimulai dengan modal yang kecil. Misalnya Anda membeli saham dengan dana Rp100.000, Anda bisa saja mendapatkan keuntungan hingga 100%.

5. Lebih Fleksibel

Melakukan investasi saham merupakan pekerjaan yang fleksibel, bahkan ketika melakukannya Anda tidak harus meninggalkan pekerjaan utama Anda. Apalagi saat ini terdapat kemajuan teknologi yang dapat membuat Anda memantau aktivitas yang ada di bursa efek di mana saja dan kapan saja. Dengan demikian Anda bisa tetap melakukan aktivitas sambil menghasilkan uang.

6. Pajaknya Kecil

Kalau dibandingkan dengan investasi lainnya, pajak yang harus dibayarkan dengan melakukan investasi ini kecil. Karena dari keuntungan yang didapatkan, pajak yang harus dibayarkan hanya 0,1%. Selain itu pajak saham ini pun bersifat final, jadi Investor tidak perlu lagi membayar pajak saat ada pelaporan SPT di setiap tahunnya karena sudah secara otomatis terpotong pialang saham saat terjadi pelunasan transaksi saham.

7. Aman dan Transparan

Melakukan investasi saham merupakan bisnis yang aman dan juga transparan. Karena semua aktivitas terlihat dan terjadi hanya di bursa efek saja. Jadi semuanya sudah terjamin, sehingga Anda sebagai investor tidak perlu lagi mengkhawatirkan mengenai kehilangan modal dari investasi saham yang Anda lakukan.

Itulah beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dari melakukan investasi saham. Kira-kira setelah membaca beberapa keuntungan dari melakukan investasi saham ini, adakah keinginan Anda untuk melakukan investasi saham?

admbursaefekindonesia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x