sbobet gold online poker

Cara Mudah Bermain Saham Untuk Pemula di Bursa Efek Indonesia

Cara Mudah Bermain Saham Untuk Pemula di Bursa Efek Indonesia

Jika dilihat dari segi keuntungan, memang bermain saham sangat menggiurkan untuk dapat memiliki penghasilan yang tinggi. Jika kalian tertarik untuk terjun kedunia investasi saham, tentunya kalian harus mengetahui dulu apa itu saham dan bagaimana cara bermain saham agar dapat menghasilkan keuntungan dan menghindari resiko tinggi yang kerap terjadi didalam Bursa Efek Indonesia. Jika kalian sudah paham betul seputar saham, yuk simak bagaimana cara mudah bermain saham untuk pemula di BEI.

Pilih sekuritas dengan biaya transaksi kecil

Seperti yang kita ketahui bahwa seorang investor membutuhkan perusahaan sekuritas atau broker sebagai penghubung dalam bertransaksi saham di Bursa Efek Indonesia. Untuk menggunakan perusahaan sekuritas, ada biaya-biaya yang ditangguhkan kepada para investor. Tentunya masing-masing sekuritas memiliki tarif yang berbeda-beda.

Dalam investasi saham, anda diharuskan membuka rekening efek ( Rekening Dana Nasabah) yang difasilitasi oleh perusahaan-perusahaan sekuritas ini. Setelah rekening itu jadi, anda harus top-up uang anda ke rekening efek yang anda miliki. Uang direkening efek itulah yang nantinya akan menjadi dana untuk bertransaksi jual dan beli saham secara online. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam bertransaksi saham.

Dengan adanya transaksi direkening tersebut, tentunya perusahaan sekuritas atau broker tersebut akan memperoleh keuntungan melalui biaya yang harus dibayarkan oleh investor saat melakukan transaksi jual beli saham. Maka dari itu, sebagai seorang investor pemula, anda harus dapat memilih sekuritas yang berbiaya tidak terlalu tinggi akan tetapi memiliki kualitas yang dapat membantu anda dalam menghasilkan keuntungan ketika anda melakukan transaksi jual dan beli saham pada Bursa Efek.

Jika biayanya makin kecil, maka anda sebagai seorang investor tentunya akan makin diuntungkan. Tetapi ingat, ada harga ada kualitas. Semakin mahal biayanya, tentunya pelayanan yang diberikan akan lebih maksimal. Setelah anda mantap menentukan perusahaan sekuritas mana yang anda pilih, barulah anda menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk membuka rekening efek.

 Tentukan Dana Yang Akan diinvestasikan

Didalam transaksi saham, diusahakan agar anda tidak pelit tapi jangan juga sampai kebablasan. Bagi investor pemula, tentunya akan timbul keraguan mengenai berapa jumlah dana yang akan diinvestasikan. Pilihlah nominal sekiranya akan membuat anda senang dengan keuntungan 1 persen. Tapi jangan gunakan seluruh uang anda untuk bertransaksi saham yah. Jika kalian sudah paham betul mengenai transaksi ini, bolehlah sedikit demi sedikit kalian tingkatkan nominalnya.

Pilih Saham di Indeks LQ5 atau IDX30

Tentunya dengan memilih saham dikedua indeks ini merupakan cara yang aman bagi kalian yang baru terjun kedunia saham. Saham-saham di indeks ini memiliki likuiditas yang tinggi loh dan fundamental perusahaannya juga cukup baik.

Beli Saham Perbankan atau Consumer Goods

Mengingat perusahaan ini merupakan perusahaan sederhana dan produk-produknya juga diminati masyarakat, otomatis dalam setahun mereka akan mencetak laba yang signifikan dan hal inipun dapat berimbas pada keuntungan anda.

Kalau Rugi, Lakukan Average down

Cara ini dilakukan dengan pembelian saham secara bertahap ketika harga dipasar sedang menurun. Kamu tidak akan merugi karena jika kondisi pasar pulih, kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlipat loh.

Diversifikasi Saham

Kamu dapat membeli saham disektor yang berbeda-beda karena jika salah satu saham yang kamu miliki sedang turun, kamu dapat menutupi kerugiannya dengan saham yang bergerak diindustri yang berbeda.

Setelah mengetahui tips ini, apa anda berminat untuk menjadi seorang investor saham di Bursa Efek Indonesia? Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang baru memulai berinvestasi saham di Bursa Efek Indonesia dan menambah pengetahuan anda seputar transaksi saham secara sederhana yang terjadi di Bursa Efek Indonesia.

admbursaefekindonesia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x