10 Jenis Indeks Saham di BEI Yang Wajib Diketahui Oleh Para Investor

10 Jenis Indeks Saham di BEI Yang Wajib Diketahui Oleh Para Investor

Indeks saham merupakan ukuran statistik perubahan gerak harga dari kumpulan saham yang dipilih berdasarkan criteria tertentu dan digunakan sebagai sarana tujuan investasi. Jadi,sebagai seorang investor kamu wajib tahu ini jenis-jenis indeks saham yang ada di BEI untuk mengetahui trend pergerakan harga saham yang sedang terjadi. Berikut 10 Indeks Saham yang ada di BEI.

Indeks Harga Saham Gabungan

Indeks Harga Saham Gabungan atau yang biasa disebut IHSG merupakan indeks yang menggunakan semua emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk dijadikan komponen dalam perhitungan indeks harga. Sebagai komponen yang dianggap penting untuk memantau pergerakan harga saham di bursa, IHSG memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai representasi dari perkembangan harga saham dan sebagai acuan untuk portofolio.

Indeks Sektoral

Indeks ini tersusun dari semua emiten yang tercatat di BEI dikategorikan kedalam Sembilan sektor. Sektor tersebut adalah pertanian, pertambangan, industri dasar, aneka industri, barang konsumsi, properti, infrastruktur, keuangan, perdagangan, dan jasa. Selain itu, BEI juga menggabungkan emiten-emiten yang masuk kedalam sektor industri dasar, aneka industri, dan industry bahan konsumsi menjadi indeks industry manufaktur.

Indeks LQ45

Jenis indeks saham ini adalah indeks saham alternatif selain IHSG. Tujuan dibentuknya indeks LQ45 yaitu agar dijadikan suatu sarana yang obyektif, terpercaya oleh analisiskeuangan, manajer investasi, dan investor dalam mengawasi pergerakan harga saham.

Jakarta Islamic Index ( JII )

Jika kamu tertarik dengan investasi yang menggunakan prinsip syariah, kamu bisa memilih indeks saham JII ini. JII terdiri atas 30 saham yang bergerak dibidang industri sesuai dengan prinsip syariah islam. Perlu kamu ketahui bahwa saham-saham yang masuk kedalam JII adalah saham-saham halal. Hal tersebut dikarenakan system operasional emitennya tidak mengandung unsure riba.

Dengan hadirnya indeks saham ini, bisa dijadikan tolak ukur dalam melakuakan penilaian terhadap kinerja portofolio saham – saham syariah. Tentunya saham-saham dengan konsep syariah ini tersusun atas saham-saham yang sehat, tidak membebeani banyak hutang dan halal.

Indeks Kompas-100

Seperti namanya, indeks saham ini terdiri atas 100 saham dari emiten yang tercatat di BEI. Indeks saham ini juga dapat memberikan gambaran serta kecenderungan arah pergerkan indeks. Selain itu indeks ini memberikan manfaat  pada investor untuk terus berinovasi dalam mengelola dana yang berbasisi saham.

Indeks bisnis-27

Saham-saham yang masuk kedalam indeks ini merupakan saham yang memiliki likuiditas yang tinggi dan saham pilihan yang didasarkan pada parameter kinerja fundamental seta teknikal.

Indeks Pefindo-25

Pefindo 25 merupakan indeks harga saham yang terbentuk karena hasil kerja sama dari BEI dan lembaga pemeringkatan Indonesia yaiti PEFINDO. Indeks ini terdiri dari emiten-emiten perusahaan kecil dan menengah (SME) yang dipilih dengan mempertimbangkan kinerja keuangan serta kinerja likuiditas.

Indeks Sri-kehati

Bekerjasama dengan yayasan Kehati, terbentuklah saham ini di BEI dengan tujuan sebagai penyedia informasi tambahan terhadap para investor terkait dengan perusahaan manakah yang menguntungkan secara ekonomi, namun tetap peduli dengan lingkungan dengan cara memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

Indeks Saham Papan Utama dan Indeks Saham Papan Pengembang

BEI membagi emiten-emiten yang tercatat kedalam dua kelompok besar berdasarkan ukurannya. Pembentukan kedua kelompok ini bertujuan untuk mempermudah para investor dalam melakukan analisis terhadap saham-saham emiten. Selain itu para investor juga akan lebih mudah dalam membentuk portofolio investasi.

Indeks Individual

Seperti namanya, indeks ini meamang menggunakan indeks harga masing-masing saham emiten yang tercatat dalam BEI terhadap harga dasarnya. Perhitungannyapun menggunakan prinsip yang sama dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

admbursaefekindonesia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read also x